15 Makanan Yang Membatu Kosentrasi Belajar

MataGuru.com – Makanan Yang Membatu Kosentrasi Belajar – Kelelahan baik secara fisik dan psikis dapat membuat turunnya daya kosentrasi atau tidak fokus sementara keesokan harinya ada ujian. Ini menyebabkan kosentrasi belajar lemah, tidak fokus terhadap apa yang sedang dipelajari.

Saat kita tidak bisa fokus atau konsentarsi sementara pekerjaan dan tugas kita sebenarnya menuntuk konsentarsi tinggi. Bila dibiarkan hanya akan membuang-buang waktu, karena hasil kerja tidak maksimal atau kurang bagus. Disaat kondisi seperti itu diperlukan asupan makanan untuk cepat memulihkan energi tubuh.

Makanan yang dikosumsi juga sangat berpengaruh pada aliran darah dan oksigen yang menuju otak. Aliran darah dan oksigen inilah yang sangat berpengaruh pada kosentrasi dalam belajar ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Dan berikut makanan yang membatu kosentrasi belajar dan daya ingat anda;

1. Air putih

Seperti kita tahu, tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, lebih dari 70%. Berarti ketergantungan tubuh akan asupan air sangatlah besar, termasuk aktivitas otak.

Anda perlu mengkonsumsi 8 gelas air dalam sehari, untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Kurangnya asupan air dapat menyebabkan kelelahan, tidak fokus, menurunnya daya ingat, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala dan susah tidur. Gunakan air putih sebagai pasokan mmakanan penambah daya ingat dan konsentrasi belajar.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung 60% kakao yang dipercaya membuat otak lebih waspada dan perhatian.
Cokelat hitam mampu meningkatkan kadar serotonin dan endorfin, yang sangat berperan dalan meningkatkan kosentrasi otak.

Sebuah studi tahun 2013 menyatakan bahwa mengkonsumsi 2 gelas cokelat hitam setiap hari semala satu bulan telah menyebabkan perbaikan aliran darah ke otak, sehingga memiliki kinerja otak yang lebih baik dalam tes memori. Jadi jelas Cokelat hitam adalah salah satu makanan yang membatu kosentrasi belajar dan penambah daya ingat.

3. Kafein

Makanan yang membatu kosentrasi belajar dan penambah daya ingat berikutnya adalah kopi, lebih tepatnya kafein yang terkandung dalam kopi.

Florian Koppelst├Ątter tahun 2005 telah melakukan penelitian tentang manfaat kafein dan menyimpulkan bahwa kafein mampu miningkatkan aktivitas otak terutama berkaitan dengan fungsi perencanaan, kosentrasi dan perhatian.

Ejek kafein dalam meningkatkan kosentrasi belajar hanya bersifat sementara atau jangka pendek.

4. Pisang

Makanan yang membatu kosentrasi belajar penambah daya ingat berikutnya adalah pisang. Pisang mengandung Zat Potasium yang merupakan salah satu mineral penting dalam meningkatkan kinerja saraf, otak, dan jantung.

5. Telur

Makanan yang membatu kosentrasi belajar berikutnya adalah telur. Kadungan Omega 3 dalam telur yang membatu untuk meningkatka kinerja otak seperti suasana hari yang lebih baik, me ingkatkan daya ingat dan lebih fokus. Selain Omega 3, telur juga mengandung kolin, salah satu senyawa yang berguna untuk menjaga selaput otak supaya sehat.

6. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat berperan dalam membagun sel-sel otak, menghanbat penurunan kognitif, dan meningkatkan sinapsis otak yang berkaitan dengan memori. Kandungan protein pada ikan salmon, dipercaya dapat menjada otak untuk tetap kosentrasi dalam melakukan aktivitas dan belajar.
Makanan yang membatu kosentrasi belajar berikutnya adalah teh hijau.

7. Teh hijau

Minuman atau makanan yang membatu kosentrasi belajar berikutnya adalah teh hijau. Kandungan kafein dan asam amino theanine diyakini mampu membatu kosentarasi dengan meningkatnya kinerja di otak
Makanan yang membatu kosentrasi belajar berikutnya adalah Blueberry.

8. Blueberry

Blueberry memiliki kandungan antioksidan yang sangat berperan dalam mengaktifkan enzim pelindung otak, dimana akan membantu meningkatkan daya ingan.
Makanan yang membatu kosentrasi belajar berikutnya adalah alpukat.

9. Alpukat

Alpukat mempunyai kandungan lemak tak jenuh tunggal sebesar 75 %, lemak tak jenuh tunggal mampu meproduksi asetilolin yang mampu memperkuat memori otak. Alpukat juga memiliki kandungan tirosin yang tinggi yang mampu memperbaiki aliran darah ke otak, sifatnya sebagai atiinflamasi.
Makanan yang membatu kosentrasi belajar berikutnya adalah sayur-sayuran berwarna hijau.

10. Sayur Berwarna Hijau

Antioksidan dan karotenoid yang terkandung dalam sayuran berwarna hijau mampu meningkatkan kekuatan otak. Vitamin B juga ada dalam kandungan sayuran berwwarna hijau, yang mana vitamin b terbukti membantu meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak.

Asam folat juga terdapat pada sayuran berwarna hijau, yang mana mampu meningkatkan kejernihan pikiran.
Jadi Sayur Berwarna Hijau sudah terbukti menjadi makanan yang membatu kosentrasi belajar.

11. Yogurt

Yogurt mengandung protein dan kalsium, juga tirosin asam amino yang sangat berguna dalam memproduksi neurotransmitter dab noradrenalin yang terbukti meningkatkan daya ingat.
Jadi Yogurt sudah terbukti menjadi salah satu makanan yang membatu kosentrasi belajar.

12. Biji Rami

Biji rami juga menjadi makanan yang membatu kosentrasi karena kandungan magnesium, asam lemak omega 3, vitamin B, dan berserat tinggi yang terdapat pada biji Rami. Dengan kandungan semacam itu, biji rami sangat membantu dalam menjernihan mental, penurunan berat badan dan tentu saja meningkatkan kosentrasi atau fokus.

13. Kacang Kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung antioksidan dan vitamin E yang sangat berguna untuk menghambat penurunan kognitif. Kacang-kacangan juga mengandung minyak esensial dan asam amino yang membantu meningkatkan kosentrasi belajar atau aktivitas lainnya.

14. Ubi bit merah

Ubi bit merah kaya akan asam nitrat yang dibutuhkan untuk membuka saluaran pembuluh darah sehingga aliran oksigen ke otak menjadi lancar. Antioksidan juga terdapat pada ubi bit merah yang berguna untuk menyerap racun yang ada dalam tubuh.

Ada baiknya mencoba Ubi bit merah untuk membantu meningkatkan kosentrasi belajar atau aktivitas lainya supaya lebih produktif.

15. Minyak kelapa

Minyak kelapa yang sering dijumpai, ternyata kaya akan zat MCTs (medium chain triglycerides), zat ini sering digunakan pada suplemen peningkat kosentrasi.
Minyak kelapa bisa dijadikan campuran makanan yang membantu konsentrasi belajar.

Demikian beberapa makanan yang membantu konsentrasi belajar, semoga dapat belajar dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal dari belajarnya. Bila ada tambahan silahkan tulis dikolom komentar, dan merasa bermanfaat, silahkan bagikan supaya banyak orang merasakan manfaatnya.

Tetap jaga pola makanmu, supaya badan menjadi lebih sehat. Kesehata itu mahal harganya, maka jagalah kesehatanmu. Kamu bisa merasakan nilainya kesehatan ketika sedang sakit.

Tapi lebih baik jangan sakit, memcegah akan lebih bijaksana dibandingkan dengan merasakan sendiri. Makanan yang kita konsumsi ibarat seperti invesatsi pada tubuh kita. Semakin baik yang asupan yang baik, akan semakin sehat badan kita. jangan terlalu berhemat.